Rabu, 28 Agustus 2013

MANFAAT BIJI LERAK

CIU (terutama Sapindus rarak De Candole, dapat pula S. mukorossi) atau dikenal juga sebagai rerek atau lamuran adalah tumbuhan yang dikenal karena kegunaan bijinya yang dipakai sebagai deterjen tradisional. Batik biasanya dianjurkan untuk dicuci dengan lerak karena dianggap sebagai bahan pencuci paling sesuai untuk menjaga kualitasnya (warna batik).

Biji lerak mengandung saponin, suatu alkaloid beracun, saponin inilah yang menghasilkan busa dan berfungsi sebagai bahan pencuci, dan dapat pula dimanfaatkan sebagai pembersih berbagai peralatan dapur, lantai, bahkan memandikan dan membersihkan binatan peliharaan. Kandungan racun biji lerak juga berpotensi sebagai insektisida. Kulit buah lerak dapat digunakan untuk mengurangi jerawat pada wajah dan kudis.



Buah lerak relatif mudah didapatkan biasanya dijual di pasar-pasar tradisional. Saat ini di pasaran telah tersedia juga produk lerak cair (sari lerak) dalam kemasan yang lebih praktis sehingga bisa langsung dipakai. Seperti Ayuri in Purple Spade dengan Batik Cap Colet Solo dibawah ini cocok banget dicuci dengan Lerak






Oleh: Hayati Fauziah, Owner Lovely Zia Batik
Silakan diintip fanpage-nya di 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar