Sabtu, 15 Juni 2013

KREASI TAS DARI JEANS BEKAS

Jeans atau denim adalah bahan yang selalu menarik untuk dibuat sesuatu, entah busana, sepatu, tas, bahkan aksesoris. Kesan bergaya dan Edgy tampak setelah memakai busana atau aksesoris dari bahan jeans atau denim ini.
Kali ini, kita akan coba buat sesuatu yang menarik, dari jeans bekas  untuk dijadikan barang baru yang lebih bermanfaat.

TAS DARI CELANA JEANS BEKAS


Hasil akhir

Bahan-bahan:

-Celana Jeans Bekas
-Kain Perca
-jarum dan benang
-Aksesori

Bahan-bahan yang digunakan

Cara Membuat:

1. Potong celana jeans sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Polanya bisa mencontek dari pola tas yang ada. Jika ukuran celana jeansnya kecil, bisa disambung-sambung terlebih dahulu.



2. Satukan dan ahit kedua potongan celana jeans dengan posisi dibalik (bagian luar saling menghadap ke dalam). jahit 3 sisi saja, bawah-kiri-kanan. Kalau gak kuat jahit sendiri, panggil aja tukang jahit keliling,minta jahitkan 3 sisi tadi. Supaya ada efek penampang bawah tas, Buat sedikit lipatan pada masing-masing ujung kiri dan kanan bawah,lalu jahit tegak lurus dengan jahitan sisi gak kiri.

3. Setelah dijahit, balik tas jeans, lipat sedikit bagian atas yang tidak dijahit, lalu setrika rapi.

4. Pasang resleting pada bagian atas. sesuaikan ukuranya. Kalau gak suka pakai sleting, bagian atas tersebut masing-masing dijahit rapi,lalu buat "lidah" penutup tas di bagian atasnya.

5. Sisa potongan jahitan celana jeans jangan dibuang yaaa... Bisa dipakai sebagai pegangan tas. ukurannya bisa disesuaikan dengan selera. Jahit pada sisi dalam bagian atas Tas Jeans.

6. Beri hiasan dari kain perca sesuai selera. Bisa dibuat pita melingkari tas, atau potongan perca yang diaplikasikan di bagian depan tas.

Ada cara lain membuat tas dari celana jeans dengan hanya memotong celana begitu saja, tanpa membuat pola. jadibagian sisi kiri dan kanan sudah terjahit, tinggal menjahit bagian bawah dan merapikan bagian atasnya saja.



Sebagai pegangannya bisa menggunakan pegangan kayu atau dibuat sebagai tas selempang. Untukmembuat tas selempang, tinggal menambahkan tali kain (bentuknya seperti sumbu kompor). kemudian menjahit sedikit potongan kain jeans seukuran jari, lalu dijahit seperti cincin (sebagai lubang pengait tali) pada sisi kiri dan kanan tas.

Selamat mencoba yaaa

Oleh : Roza Rianita Nursetia


1 komentar: