Kamis, 29 Mei 2014

MEMULAI BISNIS DAN PERMODALAN

Sepertinya sekarang hidup terasa lebih sulit. Cari kerja susah, gaji tidak cukup untuk membuat dapur mengepul. Kalau sulit menjadi karyawan, sebaiknya mulai memilikirkan untuk membuat usaha. Tapi usaha apa ya? Banyak orang yang ingin berbisnis tapi terkendala masalah modal. 

Beberapa jenis usaha sebetulnya bisa diawali dengan modal kecil, bahkan tanpa modal lhoo... Yuk, mari kita share, apa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tanpa harus mengeluarkan modal (uang) yang banyak.

1. Penulis Lepas 
Menjadi penulis lepas adalah salah satu usaha yang dilakukan tanpa modal. Menulis artikel bisnis, atau artikel tumbuh kembang anak, atau yang lainnya di suatu website secara rutin dapat mendatangkan rupiah, meski kita menjalankan secara online. Kita hanya harus sering membaca (bisa internet ataupun buku), lalu menuangkan ide-ide tulisan ke dalam bentuk artikel. Tidak hanya artikel, kita juga bisa menjadi penulis buku untuk materi-materi yang kita kuasai. Bahkan kita bisa punya pasive income lhoo dari menulis.

2. Reseller dan Dropshipper
Menjual produk orang lain memudahkan kita untuk berbisnis tanpa harus membuat produknya terlebih dahulu. Karena terkadang, untuk memproduksi suatu barang, diperlukan modal yang tidak sedikit. Nah, menjadi reseller atau dropshipper yang dikerjakan secara online bisa menjadi solusi jika ingin berjualan. Kita hanya membutuhkan website, blog atau fanpage sebagai etalase. namun, tentunya kita harus memastikan dahulu kualitas barang yang akan kita jual.

3. Blogger
Jika suka ngeblog atau menulis, menjadi blogger bisa menambah isi dompet. Jika traffic pengunjung blog tinggi, kita bisa memanfaatkannya untuk mendulang rupiah. caranya, kita bisa menyewakan space iklan, google adsense, program pay per lead, dan lain sebagainya. namun tentunya konten blog kita harus menarik dan original agar disukai.

4. Broker atau Agen
Bahasa kerennya makelar. Menjadi perantara antara penjual dan pembeli, bisa sangat menguntungkan, apalagi jika barang yang diperjualbelikan bernilai tinggi, misalnya properti, batubara, atau mobil.

5. Menyediakan Jasa
Nah, Menyediakan jasa atas keahlian yang kita miliki juga bisa menjadi solusi. Misalnya, karena memiliki background pendidikan desain, kita bisa membuka jasa desain kartu nama, desain website, dan sejenisnya. Atau kita terampil dalam mengemas parcel dan hantaran, kita bisa membuka jasa hias hantaran pernikahan. Hal lainnya misalnya jasa SEO, jasa penitipan anak, jasa desain rumah, dan jasa penerjemah.

Tentunya masih banyak hal lain yang bisa kita mulai dengan modal kecil, bahkan tanpa modal. Kita share yuk ibu-ibu mengenai pengalaman menjalankan usaha dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Siapa tahu bisa menginspirasi ibu lainnya untuk memberanikan diri membuka usaha.


Salam

2 komentar:

  1. Maaf, gan. Sebaiknya tidak melakukan spamming ya. Alangkah baiknya jika agan membuat blog sendiri untuk media promo dari usaha anda. Semoga usahanya berjalan lancar dan sukses yaa...

    BalasHapus
  2. PELUANG OMSET JUTAAN JADI KUA BROWNIES MANTEN.
    Semangatt Pagi para ibu2 produktif..
    Mau usaha anti gagal dengan modal 0???
    Jadi Distributor BROWNIES MANTEN di kota anda yukkk !
    Produk laris ada tim marketing siap membina.
    Hubungi April 085725336659 (WA)/apriliafn(LINE)
    Info&testimoni buka IG @browniesmantensemarang

    BalasHapus