Sabtu, 21 Desember 2013

PENTINGKAH POSTER DALAM BERIKLAN?

Kerap kali kita jumpai poster dimana-mana. Terlebih saat menjelang pemilu seperti saat ini. Beragam poster menempel dimana-mana. Namun, tahukah anda apa itu poster? Seperti apa karakteristiknya? Dan seberapa besar fungsi dari poster? Berikut ini ada sedikit informasi yang bisa dijadikan input.

Poster merupakan flyer atau selebaran yang berukuran besar. Tentunya lebih besar dari brosur dan leaflet. Media ini pada dasarnya memiliki tantangan promosi dalam satu halaman.

Poster berasal dari kata to post yang berarti menempelkan. Maka, secara sederhana poster dapat diartikan sebagai tukang menempelkan surat pengumuman, ataupun mengalami perubahan menjadi kata benda yang berarti pengumuman itu sendiri.

Beberapa ahli memiliki pendapat tentang poster.
Menurut Paul Procter, poster bn merupakan pemberitahuan yang dicetak dalam ukuran besar atau berbentuk gambar berwarna yang ditempel di tempat umum.
Menurut Amir Hamzah, poster adalah gambar, papan nama, atau plakat, yang pada umumnya berukuran besar yang dipasang di tempat umum dan strategis.
Sedangkan menurut Hornby, poster ialah pengumuman yang dipasang di tempat umum.
Dari hasil pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa poster merupakan suatu media untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan yang umumnya berbentuk gambar, kata, tulisan singkat.

Lalu, apa fungsi dari poster itu sendiri? Pada dasarnya poster memiliki fungsi sbb:
1. Sebagai penyampai pesan
2. Menarik perhatian
3. Memberi stimulant atau greget
4. Mengalihkan perhatian khalayak untuk beberapa saat terhadap apa yang ada dihadapannya.

Setiap media iklan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sedangkan karakteristik dari poster ialah media ini mampu menjangkau khalayak sasaran heterogen. Poster juga memiliki frekuensi tinggi sehingga dapat dilihat berkali-kali. Media ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga cepat memperoleh perhatian khalayak. Bersifat sederhana sehingga pesan yang disampaikan mudah dipahami. Serta adanya unsur kesatuan harmonisasi berupa unsur verbal dan visual.

Lantas, setelah mengetahui tentang definisi poster, pentingkah poster bila dijadikan sebagai salah satu media pendukung anda dalam beriklan? Semua kembali kepada anda dan sejauh mana nilai keefektifannya berfungsi dalam menjangkau khalayak untuk menyebarkan informasi.
Selamat beriklan! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar